PANEN BERSAMA TANAMAN PANGAN DAN HOLTIKULTURA

PANEN BERSAMA TANAMAN PANGAN DAN HOLTIKULTURA

Spread the love

Nias Utara, Sumut //Sindonews86.com-Senin (05/06/2023). Pemerintah Kab. Nias Utara bersama Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Utara melaksanakan Panen Bersama Tanaman Talas yang dilaksanakan di lahan pertanian Ture Helakha Desa Hiligeo Afia Kecamatan Lotu.

Dalam sambutan Bupati Nias Utara menyampaikan Terimakasih atas kunjungan Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Utara ke Kab. Nias Utara sekaligus melakukan panen bersama tanaman talas yang ada di Kab. Nias Utara.

Pada kesempatan itu menyampaikan bahwa Kab. Nias Utara memiliki Sumber Daya Alam yang sungguh luar biasa khususnya dalam bidang pertanian, mulai dari jagung, sawah dan tanaman pangannya lainnya, pemerintah terus menggali potensi untuk memajukan bidang pertanian di Nias Utara. Namun pemerintah daerah saat ini memiliki keterbatasan anggaran baik dalam pengelolaan maupun dalam menyediakan alat-alat pertanian.

Untuk itu, Bupati Nias Utara berharap kerjasama yang baik dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dalam membantu Kab. Nias Utara dalam mengembangkan pertanian mulai dari Infranstruktur jalan tani, bibit, maupun alat-alat pertanian yang sangat dibutuhkan kelompok-kelompok tani yang ada di Kab. Nias Utara.

Sementara itu mewakili Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Utara di wakili Kabid Penyuluhan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Nias Utara yang terus memajukan bidang pertanian di wilayah Kab. Nias Utara, dimana Kab. Nias Utara tidak kalah saing dengan daerah-daerah pertanian yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Untuk Panen Bersama tanaman Talas baru pertama kali di Provinsi Sumatera Utara di Laksanakan di Kab. Nias Utara, untuk itu perlu didorong dan diintervensi oleh pemerintah supaya kedepan dapat berkembang dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Kedepan Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Utara akan membantu Kab. Nias Utara dengan menyediakan bibit cabe untuk lahan 5 Hektar serta disediakan pupuk dan alat-alat pertanian yang dibutuhkan sehingga petani hanya menyediakan lahan dan mengelolanya. Untuk menjawab keluahan Pemerintah Daerah Kab. Nias Utara, Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumut mengajak Pemda untuk segera berkoordinasi dan menyampaikan proposal terkait bantuan-bantuan yang akan dibutuhkan.

Sebelumnya, sambutan Petani Mandiri Bapak Ama Yaia Harefa Menyampaikan Permohonan agar dapat dukungan berupa Sarana Peningkatan Produksi Tanaman Talas, bahwa masyarakat di sini terus bersemangat dalam menanam talas. Perlu kami informasikan bahwa talas disini di olah seperti direbus dan uga dikolak sebagian ada keripik karena kita terbatas dalam pengolahannya. Harapan kami dengan kehadiran Bapak ibu baik dari Provinsi Sumatera Utara , Bapak Bupati Nias Utara, Bapak Wakil Bupati Nias Utara, dapat memberikan solusi solusi dalam pengelolaan Talas ini dalam meningkatkan Pendapatan Petani.

Pada Kesempatan yang sama Anggota DPRD Kabupaten Nias Utara oleh Ingatan Peristiwa Zendrato, SH., M.H menyampaikan kepada pemerintah daerah dan juga kepada pemerintah provinsi ada banyak keluhan dan harapan bagaimana supaya pertanian ini dapat terus dikembangkan dengan adanya berupa motivasi baik dari pemerintah daerah maupun pemerintah provinsi, serta berharap kepada pemerintah daerah untuk terus memberikan perhatian khusus di Desa Hiligeo Afia, semoga tahun-tahun mendatang kegiatan ini menjadi hal positif bagi masyarakat. .

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Bupati Nias Utara bersama Nyonya, Anggota DPRD Kab. Nias Utara, Sekda bersama Nyonya, Asisten, Kepala OPD, Camat Lotu, Kepala Desa Hiligeo Afia, unsur TBI/POLRI, Penyuluh Pertanian dan masyarakat lainnya. (T. Daeli)