SABER SUDAH DIDEKLARASIKAN DAN DIKUKUHKAN OLEH GUBERNUR KALIMANTAN BARAT MELALUI KESBANGPOL PEMPROV KALBAR.

SABER SUDAH DIDEKLARASIKAN DAN DIKUKUHKAN OLEH GUBERNUR KALIMANTAN BARAT MELALUI KESBANGPOL PEMPROV KALBAR.

Sintang Kalbar//Sindonews86.comDeklarasi dan Pengukuhan Pengurus Ormas Satria Borneo Raya (SABER) Bertempat di Hotel My Home Kabupaten Sintang, pada tanggal 23 Agustus sampai dengan tanggal 24 Agustus 2022 Berjalan Sukses. 

 

Acara Deklarasi dan Pengukuhan Ormas SABER yang dilaksanakan pada selasa (23/8/2022) tersebut dibuka oleh Danrem 121/ABW Brijen TNI Pribadi Jatmiko Didampingi ketua Persit Kartika Chandra Kirana koorcab Rem 121 PD XII Tanjungpura nyonya Erni Pribadi Jatmiko dan Kasi Kasrem 121/ABW, Dandim 1205/stg beserta Dewan Pengurus SABER dan anggota lainnya.

 

Pembukaan acara dilakukan mempergunakan dengan cara adat Dayak Uud danum dengan cara pemotongan ompong. Pemotangan Ompong pertanda acara mulai dilaksanakan. Selanjutnya penyerahan gelar kehormatan kepada Danrem 121/Abw Brigjen TNI Pribadi Jatmiko dari suku Dayak Uud Danum dengan Gelar “RAMBANG.” Yang diserahkan oleh Pak Diansyah selaku Temenggung adat Dayak suku Uud danum yang didampingi oleh Agustinus,S.Pd selaku Ketua Umum Ormas SABER Provinsi Kalimantan barat dan Petrus Edison,S.Sos selaku Pengawas Ormas SABER. Brigjen TNI Pribadi Jatmiko diberi Nama gelar Rambang ini berarti sudah diterima dari bagian masyarakat adat Suku Dayak pada umumnya Masyarakat Provinsi Kalimantan barat dan pada khususnya adat kabupaten Sintang. Sebab menurut cerita yang disampaikan oleh Pengurus adat suku Uud danum, “RAMBANG,” ini merupakan saudara yang paling tertua dari 30 orang mereka bersaudara, ini sesuai dengan cerita suku Dayak Uud Danum, maka sangat pantas ketika Brigjen TNI PRIBADI JATMIKO menerima gelar ini, demikian disampaikan oleh Petrus Edison,S.Sos selaku Pengawas ormas SABER dan sekaligus sebagai sekertaris Temunggung DAD Kabupaten Sintang melalui media Sindonews86.com.

Acara Deklarasi dan Pengukuhan dilanjutkan pada hari Rabu (24/8/2022), disertai dengan berbagai Ritual Adat Penyambutan Brigjen TNI Pribadi Jatmiko, oleh tokoh adat suku Kantuk yaitu bapak Antonius Rakit, sampai ritual adat kehormatan suku Dayak Uud Danum, oleh Bapak Diansyah. Hingga Ritual Adat Kanayant yaitu “NYANGAHANT,” disekretariat SABER Kilometer 7 Sintang oleh bapak Noneng.

 

Setelah acara nyangahatn, Seluruh Dewan Pengurus Ormas SABER menuju hotel My Hoom Sintang untuk melaksanakan deklarasi dan pengukuhan SABER Provinsi Kalimantan barat yang dihadiri oleh Gubernur Kalimantan barat yang di wakili oleh kepala Badan Kesatuan bangsa dan Politik Kalimantan barat, Bapak Hermanus, Bupati Sintang yang di wakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Bapak Kapolda Kalbar yang di wakili oleh Kasat Intel Polres Sintang.

 

Ketua Umum Ormas SABER, Agustinus,S.Pd dalam sambutannya mengatakan, Saya selaku Ketua Umum SABER mengucapkan terima kasih kepada tamu undangan yang sudah sudi hadir dalam acara Deklarasi dan Pengukuhan Ormas SABER ini, terutama untuk pihak management Hotel My Home yang telah memberi tempat untuk acara deklarasi dan pengukuhan ini. 

Agustinus menyampaikan masih dalam sambutannya, Seperti apa yang tertuang pada Motto SABER yaitu Berani, Kebenaran dan Keadilan, Artinya Berani membela hak-hak masyarakat yang ditimbulkan oleh kebijakan ketika dianggap kurang tepat oleh Badan Usaha Milik Negara atau Pemerintah, ataupun Perusahaan Perseroan. Lalu tentang Kebenaran. Kebenaran itu kita lihat apakah sesuai dengan fakta atau tidak. Dan ormas SABER ini juga memiliki rasa keadilan terhadap antar sesama, katanya.

“Ormas Saber yang baru terbentuk di Provinsi Kalimantan barat ini, ada 6 kabupaten, yaitu Kabupaten Kapuas hulu, Sintang, Melawi, Sekadau, Sanggau, dan Sambas. dengan jumlah pengurus sebanyak 78 orang,” lanjutnya.

 

Dalam kesempatan ini, Gubernur Provinsi Kalimantan barat, yang diwakili oleh Kepala Kesbangpol Provinsi Kalimantan barat, Hermanus menyampaikan, mengucapkan terimakasih kepada ketua umum ormas SABER bahwa sudah mengundang dan sekaligus membuka acara deklarasi dan pengukuhan SABER ini, “Saya pribadi mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus SABER yang akan dideklarasikan dan dikukuhkan pada hari ini.” Setelah nya organisasi ini, saya harap selalu menjaga stabilitas, segala sektor di berbagai bidang, di tuntut kemandirian dalam masyarakat, agar setiap organisasi akan siap dan patuh terhadap Undang Ubdang Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berazaskan Pancasila sesuai dengan UU 17 Nomor 13, Tentang Organisasi Kemasyarakatan, Landasan Pancasila, sukarela, Sosial mandiri dan demokratis. Tujuannya, melindungi segenap bangsa Indonesia dalam mewujudkan kemerdekaan.

dan agar selalu bersinergi dengan Pemerintah Provinsi dan Daerah. “Kewajiban kewajiban berorganisasi tetap mengacu kepada peraturan pemerintah bahwa setiap ormas wajib melaporkan keberadaannya di provinsi maupun didaerah.” 

Dan selalu melaporkan kegiatan kegiatan, jangan seolah olah tidak ada kegiatan ini menjadi acuan pemerintah dalam membantu organisasi serta selalu Berpartisipasi aktif dalam organisasi, tutup Heronimus.

Turut hadir dalam acara deklarasi dan pengukuhan ormas SABER Kasat Intel Polres Sintang mewakili Kapolda Kalbar menyampaikan Pesan Kapolda Kalimantan barat, kepada seluruh Pengurus dan Anggota Ormas SABER yang hari ini baru dideklarasikan dan Pengukuhkan, agar selalu menjaga stabilitas kamtibmas di tengah masyarakat, agar Ormas SABER ini bisa menjadi bintang ditengah tengah masyarakat Kalimantan barat pada umumnya dan masyarakat Sintang pada khususnya, kata Kasat Intel Polres Sintang. (Alex)