Askep A Kebun Sisumut Rudi Arianto Diduga Asal Jawab Saat Dikonfirmasi

 

LABUSEL//SINDONEWS86.COM – Terkait replanting atau Tanaman Ulang (TU) seluas 161 hektare di Afdeling V (lima) PT.Perkebunan Nusantara III (PTP-N 3) Kebun Sisumut pada tahun 2021 yang lalu, tidak patut dijadikan ‘contoh’. Bagaimana tidak, perusahaan (PTP-N III) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu hingga saat ini belum diketahui perusahaan apa yang terlibat dalam pekerjaan tersebut.

 

Pasalnya, Askep A PTP-N 3 Kebun Sisumut Rudi Arianto,S.P Berbeda Pandapat Dengan Kandir terkait replanting tahun 2021 yang lalu di Afdeling V Kebun Sisumut . perusahaan BUMN tersebut hingga saat ini masih manjadi ‘misteri’ alias belum diketahui perusahaan apa yang melakukan pekerjaan reflanting di Afdeling V Kebun Sisumut yang dimaksud.

 

Humas Kandir (PTP-N III) Tondi lubis terkait replanting atau Tanaman Ulang (TU) seluas 161 hektare di Afdeling V, PTP-N III Kebun Sisumut pada tahun 2021 itu kepada wartawan menyebutkan bahwa perusahaan yang melakukan pekerjaan di Afdeling V bukan 4 perusahaan.

 

1. Anggaran untuk TU di anggarkan untuk rencana TU seluruh PTPN3, nilai anggaran pasti tidak sesuai dengan realisasi kontrak, karena anggaran sebagai acuan yang diperuntukkan di internal kami sebagai acuan nilai kontrak, biasanya nilai kontrak dibawah anggaran, vendor yg mengajukan harga termurah dan dibawah anggaran serta syarat memenuhi sesuai syarat kontrak biasanya itu yg menang.

 

2. Untuk TU di afd V ditahun 2021 tidak dikerjakan oleh 4 vendor tapi hanya dikerjakan 2 vendor.

 

3. Penanaman kacangan tidak gagal diseluruh areal TU, hanya dibeberapa titik, hal ini lebih disebabkan karena faktor alam yang terjadi pada saat itu yaitu iklim kemarau panjang, jadi kacangan tidak menjalar sempurna menutup tanah (tidak seluruh areal TU hanya beberapa titik), sampai dengan saat ini manajemen terus melakukan penanaman kacangan agar tersebar merata, ” tulis Tondi Menjawab wartawan, Kamis 1 Desember 2022.

 

Namun, saat ditanya kembali 2 vendor yang dimaksud perusahaan apa sebagaimana disebutkannya pada poin 2, sampai berita ini dikirimkan ke redaksi belum bersedia menjawab. Padahal, chat whatsApp yang dikirimkan padanya sudah ceklis 2 (dua) dan terlihat online.

 

Diberitakan sebelumnya, Asisten Kepala (Askep) Kebun Sisumut (PTP-N III) Rudi Arianto terkait Tanaman Ulang (TU) seluas 161 hektare di Afdeling V itu ketika dikonfirmasi berapa anggaran untuk penanaman bibit kacangan Mokuna jenis Blatita, terkesan menutup-nutupi, bahkan mangarahkan awak media agar konfirmasi ke pihak Kandir (Satuan Pengawasan Interen).

 

“Jadi masalah berapa harga bibit Mokuna bukan kapasitas kami untuk menjawab, soal anggaran bibit Mokuna itu berapa tanyak ke Kandir aja, soal nama perusahaan yang mengerjakan pekerjaan replanting di Afdeling V tahun 2021 yang lalu kami tidak bisa menyebutkan apa nama perusahaannya,” sebut Rudi Arianto singkat didampingi asisten afdeling V Irfansyah menjawab awak media, Rabu 30 November 2022, di kantor Afdeling V Kebun Sisumut sekira pukul 09.10 wib pagi.

 

Disebutkannya, pengerjaan proyek replanting seluas 161 hektare di Afdeling V (lima) Kebun Sisumut seluas 161 hektare dikerjakan 4 (empat) Perusahaan rekanan.

 

“Replanting di Afdeling V Kebun Sisumut ada 4 perusahaan, 2 sudah tidak jadi rekanan PT PN3 kebun sisumut lagi ujar Askep A Rudi arianto berbeda dengan keterangan Humas Kandir (PT- PN3) Tondi Lubis tadi diatas.

 

Humas Kandir (PTP-N III) Tondi lubis ketika dikonfirmasi melalui chat whatsApp terkait replanting di Afdeling V PTP-N III, Kebun Sisumut tersebut sebagaimana yang diarahkan Askep A Rudi arianto menyoal 4 (empat) perusahaan yang terlibat dalam pekerjaan replanting seluas 161 hektare di Afdeling V pada tahun 2021 itu, Tondi butuh komunikasi ke bagian terkait atau manajemen Sisumut.

 

“Maaf bang lagi ngomong di rapat tadi wa dulu ya bang. Untuk pertanyaan spesifik ini kami butuh komunikasi ke bagian terkait atau manajemen sisumut, mohon maaf apa sudah komunikasi dengan manajemen sisumut bang?,” tulis Tondi menjawab wartawan, Rabu 30 November 2022.

 

Kendati demikian, Humas Kandir PTP-N III, Tondi Lubis ketika disampaikan, awak media telah konfirmasi terlebih dahulu kepada Askep dan Asisten afdeling V terkait anggran (replanting) dan diarahkan oleh Askep ke pihak Kandir menyoal anggaran dan perusahaan apa yang terlibat dalam pekerjaan di Afdeling V tahun 2021 itu menjawab,

 

“Oh.. gitu ya ok bang. Bentar ya bang aku komunikasi ke bagian terkait,” jawab Tondi singkat.

 

Sangat disayangkan, hingga berita ini tayang, Humas Kandir Tondi Lubis belum juga menjawab terkait 4 perusahaan dan anggaran bibit kacangan Mokuna jenis Blatita yang disebutkan Askep A Rudi arianto didampingi Asisten Afd V Irfansya SP Kebun Sisumut.

 

(Sahat M Siregar)