Banjir Rendam Pemukiman di Bagansiapiapi, Bupati Minta Masyarakat Waspada Jangan Sampai Terjadi Korban Jiwa

BAGANSIAPIAPI (ROHIL) SINDO NEWS86.COM
Masyarakat melintasi genangan air yang membanjiri kawasan pemukiman penduduk di jalan Siak Ujung, Kelurahan Bagan Timur, Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Hingga hari ini kawasan tersebut masih tetap tergenang air banjir yang belum surut. Bahkan beberapa warga terpaksa menggunakan sepatu bot untuk mengantisipasi serangan lintah kerbau berkeliaran digenangan air.

Melihat kondisi terkini, Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong dan Wakil Bupati H, Sulaiman Azhar menyambangi rumah warga yang tergenang air yang berada di ujung jalan Siak, Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, pada hari Jumat (18/11/2022). Dalam kesempatan itu juga, Bupati menyerahkan bantuan sebanyak 500 paket sembako yang terdiri dari beras kelas Premium berat 10 Kg, telur ayam dan mi instant.

Saat memberikan bantuan, Bupati berpesan kepada warga agar berhati-hati selama musim penghujan jangan sampai terjadi korban jiwa terutama anak anak. Karena genangan air bisa mencapai setengah meter dari permukaan tanah.

Mengantisipasi tinggi nya genangan air, pemerintah sudah berupaya menurunkan 7 alat berat yang beroperasi pada titik lokasi banjir untuk melakukan pengerukan kali, sungai untuk mencegah terjadi banjir yang lebih parah.

” Kita juga akan dirikan posko yang menyediakan obat obatan dan tenaga medis untuk mengantisipasi penyakit pasca banjir,” kata Afrizal.

Bupati berharap, masyarakat Bagansiapiapi agar lebih bersabar mengingat bencana banjir bukan hanya terjadi di Kecamatan Bangko saja, bahkan juga melanda di Kecamatan Sinaboi, Pekaitan dan Kubu.

” Juga melanda di dua belas kabupaten kota karena curah hujan yang sangat tinggi,” ujarnya.

Sementara itu, ditempat yang sama, kadis Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Suwandi menyebutkan, pihaknya sudah melakukan penggalian kanal, kali, drainase dan sungai sejak dua minggu yang lalu. Ada dua lokasi penting penggalian yakni di sungai garam dan sungai pabrik.

” Satuan petugas sebanyak 50 orang dari Dinas DLH sudah kami kerahkan untuk untuk melakukan pengerukan dan penyedotan,” ujar Suwandi.

Cuaca ekstrem dan intensitas curah hujan yang sedang hingga lebat, kata Suwandi, juga menyebabkan genangan air yang berada di pemukiman penduduk seperti di jalan Pahlawan, jalan Bulan menuju jalan Sekip

Untuk itu, pihaknya bekerjasama dengan dinas PUTR saling bahu membahu melakukan penggalian di Parit Kerang, Tai Chong dan dijalan SMAN 2. Menurutnya ada beberapa titik terpantau dengan kedalaman air yang cukup tinggi seperti di Jalan Siak, Bahagia, Selamat dan Jalan Pulau Baru. Termasuk juga di Danau Biru dan Jalan SGB.

“Jika cuaca tidak hujan lagi, mungkin dalam satu minggu bisa surut. Karena kami lihat pergerakan air disungai Pabrik yang merupakan sentral pembuangan air yang di lokasi ini cukup lancar,” harap Suwandi.

Wakil Ketua Baznas bidang Pendistribusian Zakat, Junaidi menyampaikan, bantuan korban banjir sebanyak 500 paket diserahkan melalui program Rohil Peduli. Tidak tertutup kemungkinan pihaknya juga akan menyalurkan bantuan didaerah yang terdampak banjir seperti di Sinaboi, Pekaitan dan Kubu dan juga menunggu laporan dari kecamatan lain.

” Jika ada butuh bantuan kita siap untuk membantu,” kata Junaidi.

Dia berharap, bantuan tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian kepada sesama khususnya warga terdampak banjir di wilayah Kabupaten Rokan Hilir. Semoga bantuan yang tidak seberapa ini bisa membantu mencukupi kebutuhan warga.

“Kami turut berbela sungkawa,” katanya.
(M.Efn)