Berguna Entaskan Kemiskinan & Tekan Inflasi, Jefridin Sambut Baik Sensus Pertanian

Berguna Entaskan Kemiskinan & Tekan Inflasi, Jefridin Sambut Baik Sensus Pertanian

Batam//sindonews86.com – Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Batam mendukung penuh dan berkomitmen ambil bagian menyukseskan Sensus Pertanian 2023 di Kota Batam.

Hal itu disampaikan saat membuka acara Sosialisasi Sensus Pertanian 2023 (ST-2023) Kota Batam, bersama Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepulauan Riau Darwis Sitorus, dan Kepala BPS Kota Batam Agus Kadaryanto, di Santika Hotel, Batamcenter, Rabu (10/5/2023).

Dukungan ini bukanlah tanpa alasan. Menurutnya sensus pertanian juga mendukung program pengentasan kemiskinan yang menyasar rumah tangga pertanian, seperti nelayan dan petani miskin, membutuhkan basis data pertanian yang mutakhir dan berkualitas.

“Pengentasan kemiskinan ekstrem di Kota Batam tahun 2024 harus sudah mencapi 0 persen,” tegasnya.

Jefridin juga menegaskan, sebagai daerah industri, salah satu indikator inflasi di Kota Batam adalah dari sektor pertanian. Maka memanfaatkan lahan pertanian menjadi salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan seperti cabai dan sayur- sayuran di Kota Batam.

“Perlunya kolaborasi dengan seluruh lapisan masyarakat (tidak hanya petani) agar proses lapangan ST-2023 dapat diterima di seluruh warga Kota Batam yang dimulai pada 1 Juni sampai 31 Juli 2023 mendatang,” kata Jefridin.

Selanjutnya, atas nama Wali Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR), Jefridin mengajak dinas terkait memberikan dukungan, bersama-sama menyukseskan sensus pertanian di Kepri khususnya Batam.

Di mana tujuan sensus ini sendiri guna memenuhi amanat Peraturan Pemerintah Nomor 51 tahun 1999, yaitu BPS wajib mengumumkan rencana penyelenggaraan sensus kepada masyarakat sebelum pelaksanaan.

Dengan objek sensus atau responden dari keluarga yang melakukan kegiatan pertanian di Kota Batam.

“Sensus ini penting karena menyangkut data, di mana data yang keluar dari BPS nantinya akan menentukan dasar pembuatan kebijakan terkait pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan, dan yang sejalan dengannya, khususnya di Kota Batam,” ujar Jefridin.

Pertemuan ini juga dihadiri para pengusaha tambak, perkebunan, perikanan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas perikanan,Dinas lingkungan hidup, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batam, serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lainnya. (Nursalim Turatea)