Berita Duka, Kades Terpilih Desa Secanggang Meninggal Dunia

Spread the love

Langkat//Sindonews86.com – Kades Secanggang terpilih masa bakti 2022 s/d 2028 Ahyar pada hari Kamis tanggal 24 Nopember 2022 telah meninggal dunia,kepergian beliau masih meninggalkan duka yang sangat mendalam untuk masyarakat desa Secanggang kabupaten Langkat Sumatera utara.

Kepala desa terpilih Ahyar kelahiran secanggang dan beliau adalah putra terbaik yang dalam pemilihan kepala desa silam mendapat kan suara terbanyak hasil pilihan masyarakat Secanggang.

Namun demikian roda pemerintahan harus tetap berjalan demi untuk melayani dan mengutamakan kepentingan masyarakat desa Secanggang.

Berdasarkan UU Peraturan Pemerintah nomor 43 tahun 2014 pasal 54 ayat 3, Badan Permusyawaratan Desa ( BPD) melaporkan kepada Bupati/walikota melalui camat.

Dalam Peraturan Pemerintah,pasal 56 berbunyi” dalam hal sisa masa jabatan kepala desa yang berhenti lebih satu tahun karena di berhentikan sebagaimana di maksud dalam pasal 54 ayat a dan huruf b serta ayat 2 huruf b,huruf c,huruf d,hurup f dan hurup g, Bupati/walikota mengangkat pegawai negeri sipil dari pemerintah daerah kabupaten/kota sebagai penjabat kepala desa sampai terpilihnya kepala desa yg baru melalui hasil musyawarah desa.

Permendagri nomor 65 tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 112 tahun 2014 tentang pemilihan kepala desa dalam BAB IV A Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu Melalui Musyawarah Desa pasal 47A ayat( 1) Kepala Desa yang berhenti dan / atau di berhentikan dengan sisa masa jabatan lebih dari satu tahun, Bupati/ walikota mengangkat PNS dari pemerintah daerah kabupaten/ kota sebagai penjabat kepala desa sampai dengan di tetapkan kepala desa antar waktu hasil musyawarah desa.

Pada ayat (2), Musyawarah Desa sebagaimana di maksud pada ayat (1) dilaksanakan paling lama enam (6 )bulan sejak kepala desa di berhentikan.

ayat (3) Masa jabatan kepala desa yang di tetapkan melalui musyawarah desa terhitung sejak tanggal Pelantikan sampai dengan habis sisa masa jabatan kepala desa yg di berhentikan.

Hasil wawancara awak media bersama tokoh agama desa Secanggang

-Bapak kh Sofian AM

-Bapak Arijalul Ihsan SE selaku Najir mesjid Aziziyah desa Secanggang.

-Junaidil Akmal dan Muslimin selaku masyarakat desa Secanggang.di mana mereka sangat mendukung dengan peraturan dan per undang undangan yang ada.

Harapan masyarakat Secanggang kepada bapak H.Syah Afandin SH selaku PLT bupati Langkat,agar mendengarkan asfirasi masyarakat desa Secanggang untuk melaksanakan peraturan yg ada dengan melaksanakan pemilihan kepala desa Antar waktu(PAW) yang tertuang di dalam Permendagri no 110 tahun 2016 dan peraturan daerah kabupaten Langkat no 6 tahun 2015.

Masyarakat Secanggang juga mengharapkan agar semuanya berjalan dengan mekanisme dan ubdang undang yang ada,untuk menjadikan kabuten Lang Kat yg bermartabat dan kondusif.

(Rusdi Faisal)