Gaktibplin, Polresta Banyuwangi Lakukan Pemeriksaan Sikap Tampang dan Kelengkapan Anggota

 

BANYUWANGI,JATIM//SINDONEWS86.COM- Setelah pelaksanaan apel pagi Kabag SDM Polresta Banyuwangi Polda Jatim AKP Indah Citra Fitriani melaksanakan penegakan dan penertiban disiplin (Gaktibplin) terhadap anggota Polri dan PNS Polri bertempat di lapangan apel Polresta Banyuwangi Senin pagi (5/12/2022).

 

Operasi Gaktibplin ini dipimpin oleh Kabag SDM di dampingi oleh Kasipropam Polresta Banyuwangi Ipda Agus Purnomo bersama anggota Provos lainnya.

Giat penegakan dan penertiban disiplin (Gaktibplin) ini dengan cara melakukan pemeriksaan seragam kepolisian (Gampol), kelengkapan surat perorangan seperti surat – surat kendaraan (STNK), Kartu Tanda Anggota (KTA), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Ijin Mengemudi (SIM) dan Sikap Tampang.

Dalam pemeriksaan ini tidak hanya personel Bintara saja yang diperiksa kelengkapannya namun para perwira juga tidak luput dari pemeriksaan.

 

Kabag SDM Polresta Banyuwangi mengatakan. Bahwa kegiatan Gaktibplin merupakan kegiatan rutin yang dilakukan guna meminimalisir pelanggaran anggota.

 

“Sebelum melakukan penegakkan hukum terhadap masyarakat maka terlebih dahulu kita lakukan penertiban kepada anggota dan keluarga. Jangan sampai justru anggota sendiri tidak disiplin dan melengkapi diri dengan surat-surat sesuai ketentuan yang ada,” ujar perwira yang pada Januari 2023 mendatang menyandang Komisaris Polisi (Kompol).

 

Selain itu AKP Indah melanjutkan bahwa Gaktiplin dilakukan untuk menjaga kerapian anggota dalam berpakaian saat berdinas sesuai aturan.

 

Kabag SDM menambahkan bahwa hal tersebut akan dilakukan setiap hari sampai menjangkau anggota di Polsek jajaran Polresta Banyuwangi.

 

“Sekali lagi hal ini kita lakukan karena sebelum anggota melakukan penertiban kepada masyarakat maka terlebih dahulu anggota Polri itu sendiri harus tertib, budayakan disiplin dimulai dari diri sendiri,” tegas AKP Indah.

 

(Idm)