Jalan di Desa Fadoro Hunogöa Kabupaten Nias Putus Total Karena Longsor

 

 

Nias//Sindonews86.com – Jalan penghubung antar Ka bupaten yang terletak di Desa Fadoro Hunogöa Kecamatan Hiliserangkai Kabupaten Nias Putus total akibat derasnya curah hujan yang terjadi beberapa minggu terakhir. Jalan tersebut rusak akibat longsor ditambah lagi kondisi tanahnya yang merupakan Tanah Liat. Jalan ini merupakan akses jalan menuju Kabupaten Nias Barat dan Nias Selatan dan begitu juga sebaliknya dari arah Barat dan Selatan yang menuju Kota Gunung Sitoli dan Nias Utara.

 

Akibatnya, semua kendaraan menumpuk di lokasi, baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Lokasi jalan yang mengalami kerusakan tersebut berada tepat di depan kantor Desa Fadoro Hunogöa Kecamatan Hiliserangkai Kabupaten Nias. Penumpukan kendaraan membuat suasana semakin ramai, baik masyarakat setempat maupun yang mengendarai kendaraan. Kendaraan yang melintas pun berasal dari berbagai daerah, ada yang berasal dari arah Selatan menuju Gunung Sitoli, dari arah Barat menuju Gunung Sitoli dan Juga dari arah Utara yang menuju Barat dan Selatan. Tujuan merekapun berbeda-beda, ada yang melakukan kegiatan Dinas/Kantoran, ada juga anak-anak yang hendak berangkat ke Sekolah, dan ada juga yang berpergian ke kota dengan tujuan berbelanja barang-barang kebutuhan rumah tangga.

Hal ini tentu sangat menghambat kegiatan masyarakat yang hendak melintas di lokasi jalan yang rusak tersebut dan bahkan beberapa kendaraan roda empat yang memutar arah karena kendaraan roda empat tidak bisa melewati jalan tersebut. Kendaraan roda dua pun sangat mengalami kesulitan untuk melintasi, harus penuh ke hatian-hatian dalam melewatinya dan pengendara roda dua pun saling bekerja sama dan bergotong royong satu sama lain agar kendaraan dapat melewatinya.

 

Selain menghambat kegiatan masyarakat, tentunya masyarakat yang yang melakukan kegiatan berjualan, atau para pelaku Usaha Mikro Menengah mengalami kesulitan untuk membeli barang-barang kebutuhan rumah tangga disebabkan karena kendaraan roda empat yang menjadi angkutan utama antar jemput barang-barang sembako tidak dapat melewati jalan tersebut. Banyak masyarakat yang mengeluh keadaan seperti ini.

 

Dari pantauan sebagai awak media, saya melihat langsung keadaan dan kondisi jalan tersebut. Jelas sangat berbahaya bagi pengguna jalan jika sewaktu-waktu ada pergerakan tanah susulan dijalan tersebut. Apa lagi kondisi tanahnya yang identik dengan tanah liat yang konon katanya mudah longsor, dan benar saja, tadi pagi saya melihat langsung bahwa pada saat melintasi area jalan tersebut, ada pergeseran tanah. Ini sangat berbahaya bagi pengguna jalan.

 

Tentu dalam hal ini sangat diperlukan perhatian Pemerintah dan Dinas terkait, baik Pemerintah Daerah, Provinsi maupun Pemerintah Pusat. Masyarakat mengharapkan tindakan langsung dari pemerintah untuk menangani kondisi jalan tersebut, selain membahayakan bagi pengguna jalan, hal ini juga tentu merugikan dan menghambat perkembangan ekonomi masyarakat yang tiap harinya menggunakan jalan tersebut sebagai jalur berpergian.

 

Dihimbau kepada masyarakat yang hendak melintas di Desa Fadoro Hunogöa Kecamatan Hiliserangkai Kabupaten Nias, agar selalu berhati-hati melintasinya, terkhusus untuk pengguna jalan kaki dan roda dua, untuk sementara kendaraan roda empat tidak bisa melewatinya karena kondisi jalannya sangat tidak memungkinkan untuk dilewati, kendaraan roda dua saja penuh rasa hati-hati untuk bisa melewatinya dan dibantu oleh masyarakat yang ada di lokasi untuk mendorongnya. Utamakan keselamatan dalam berkendara, periksa kondisi kendaraan anda sebelum berpergian.

 

Efer Giawa