Kapolres Sergai beri Pencerahan dan Sosialisasi Profil Pelajar Pancasila di SMKN 1 Perbaungan

 

Sindonews86.com – Kapolres Serdang Bedagai (Sergai) Polda Sumut AKBP Dr Ali Machfud,S.Ik,M.Ik berikan pencerahan antisipasi tawuran dan sosialisasikan Profil Pelajar Pancasila kepada Para Siswa SMK Negeri 1 Perbaungan di Replika Istana Sultan Serdang, Kel.Tualang, Kec.Perbaungan, Kab.Sergai, Rabu (07/12/22)
Pukul.10.20 Wib.

Kapolres AKBP Dr Ali Machfud,S.Ik,M.Ik dalam penyampaiannya mengatakan bahwa tujuan kedatangannya dalam rangka silaturahmi Polres Sergai untuk mendekatkan diri dengan pelajar dan menshare pengetahuan guna bekal kedepannya sehingga lebih serius dan berkonsentrasi dalam menuntut ilmu

Dijelaskannya, terkait dengan fenomena saat ini yaitu tawuran antar pelajar serta munculnya geng motor, agar pelajar jangan bergabung dengan geng motor serta terlibat aksi tawuran, karena jika bergabung dengan genk motor akan memunculkan etno nasionalisme (budaya kelompok) serta hidupmu saat ini akan menjadi rencana hidup orang lain yaitu meletakkan hidup/ nasibmu untuk mendukung cita cita orang lain.

“Kita tidak akan tahu kita akan jadi apa tetapi kita harus mempersiapkan diri untuk jadi apa saja, caranya dengan belajar, jauhi pergaulan bebas, jauhi narkoba, tertib berlalu lintas serta membangun budaya Literasi karena keberuntungan itu pasti dipersiapkan. Sebagai pelajar, harus mengembangkan Hebitus yang baik dalam kehidupan sehari hari supaya generasi kedepannya lebih baik dari saat ini” , ujarnya.

Terkait lalulintas dipaparkannya, bahwa saat ini Polisi tidak ada melakukan penilangan secara manual selain dengan tilang elektronik/ ETLE/ Mobile ETLE, untuk itu diminta agar semua semakin dewasa, gunakan helm standar, untuk antisipasi kecelakaan, jangan sampai impian generasi muda hancur/ hilang gara2 kecelakaan, kita harus patuh dan tertib karena adanya aturan yang mengatur dan bukan karena ada Polisi, karena peraturan adalah cerminan diri dari Negara

“Saat ini kita berada pada zaman Post Truth / kebenaran relatif jadi jika terima berita sebelumnya kita harus benar2 mengecek kebenaran nya/ fake cheking sehingga kita tidak menjadi korban hoax”, tukasnya.

Orang nomor satu di Polres Sergai ini juga meminta agar pelajar fokus dalam belajar guna mencapai keinginannya, menurutnya jika fokus maka keinginan kita akan tercapai.

Dalam menanggapi pertanyaan dari siswa, Kapolres Sergai AKBP Dr Ali Machfud,S.Ik,M.Si menjelaskan bahwa syarat untuk dapat mengurus SIM adalah warga yang sudah memiliki KTP.

Diakhir giat yang ditandai dengan pemberian sertifikat apresiasi dari pihak SMK Negeri 1 Perbaungan, Kepala Sekolah Yusdiantoro,S.Pd menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan tersebut, dan berharap semoga pencerehan, motivasi bermanfaat serta dapat diamalkan oleh siswa/i SMK N 1 Perbaungan. (Wek).