Kapolres Sergai Terima Audiensi Pimpinan Ponpes Modern Darul Mukhlisin

Sergai//Sindonews86.Com – Kapolres Serdang Bedagai (Sergai) Polda Sumut AKBP Dr.Ali Machfud,S.Ik,M.Ik menerima Audiensi Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Darul Mukhlisin di ruang kerjanya, Jumat (30/09/22) Pukul.10.00 Wib.

Dalam giat silaturahmi tersebut Kapolres Ali menyampaikan, sangat bahagia dan berterima kasih karena dapat bertemu dgn pendidik dalam bidang agama.

“Management pondok pesantren harus terbuka dan modern dan didaftarkan ke Kemenag serta struktur yayasan yg jelas sehingga tdk ada pengelolaan yg seperti kerajaan dan hindari Abuse of Power karena kekuasaaan yg besar dpt menimbulkan korupsi”, ujarnya.

Dirinya juga meminta agar pesantren dijaga benar karena yang membuat kita terhormat dan baik itu perilaku dan tingkah laku kita sendiri dan jika ada permasalahan di pesantren itu adalah ulah oknum. Polisi hampir sama dengan pesantren yaitu sama sama memiliki tanggung jawab moral individu dan kolektif, satu oknum yg berbuat semua terimbas

Jangan sampai kita mendapatkan sesuatu dari agama namun justru kita harus memberikan sesuatu kepad agama. Sebagai pengajar (Pendidik) tidak cukup hanya mengerti ilmu namun harus memiliki moral yang baik.

Kiat terkait permasalahan hukum yaitu utk menghindari dan menahan diri jgn sampai kita terlibat didalamnya, “Polisi saat ini punya konsep hukum RJ, yg mana perkara diselesaikan diluar pengadilan, dan sepanjang permasalahan bisa di RJ maka akan kami lakukan terkecuali kasus pembunuhan, perkosaan kecuali anak dengan anak”, paparnya

Sebelumnya, Pimpinan Ponpes Darul Mukhlisin Ust.H.Wasis Atmo Swito memgatakan bahwa kedatangan ke Polres Sergai bertujuan untuk silaturahmi dan memohon bimbingan dan petunjuk dari Kapolres Sergai terkait permasalahan hukum jika terjadi di lingkungan pesantren, semisal jika ada perkelahian antar siswa yangg sudah didamaikan namun orangtua tidak terima.

“Ponpes Darul Mukhlisin yang memiliki Santri pebih kurang 350 (Tiga ratus lima puluh) orang terletak di Dusun II Tanah Handil Desa Cempedak Lobang, Kecamatan Sei Rampah Sergai mempunyai sistem wakaf dan tidak ada dinasti, yg mana ada badan Wakaf yang bertugas untuk menilai, melihat, “Pesantren kami modern dan tidak inklusif yang mana pengawas dari Kemenag setiap saat hadir untuk memberikan pengawasan dan pengarahan”, terangnya.

Diakhir penyampaiannya Ust.H.Wasis Atmo Swito memyebutkan bahwa Santri wajib boarding (Inap) namun ada beberapa santri yang makan diluar Ponpes dengan alasan biaya. (Wek).