Pelantikan Dan Pengukuhan pengurus PAC ABPEDNAS Se-Kabupaten Langkat

Pelantikan Dan Pengukuhan pengurus PAC ABPEDNAS Se-Kabupaten Langkat

Langkat, Sumut// Sindonews86.com Berkisar 700 orang anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang tergabung di wadah ABPEDNAS Langkat, menyaksikan pelantikan/pengukuhan PAC ABPEDNAS se-Kabupaten Langkat Priode 2019-2024. Proses pelantikan PAC ABPEDNAS inipun diadakan di Pendopo Jantera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat, di Stabat, Rabu (28/9/2022). 

 

Ketua DPC ABPEDNAS, Irwanto mengatakan, ABPEDNAS ini bukan organisasi terlarang, namun ABPEDNAS ini adalah wadahnya, atau rumah besarnya BPD. ABPEDNAS bukan musuhnya pemerintah desa. 

 

“Saya tekan sekali lagi, para BPD yang tergabung di ABPEDNAS, lakukan pendekatan dengan kepala desa, bangun itu kemitraan dengan kepala desa. Lakukan silaturahmi bersama kepala desa, demi terwujudnya pembangunan desa, yang aman, nyaman dan tentram” sabutnya. 

 

Sekretaris DPD ABPEDNAS Sumut, Drs, Abdul Khair, MM, dalam kata sambutanya mengatakan, ABPEDNAS kami ini merupakan wadahnya/tempat, rumah besarnya BPD untuk berkumpul, bertukar pikiran sesama BPD terkait pembangunan dan kemajuan didesa. 

 

Artinya, keberadaan kami ini bukan mencampuri kinerja BPD. Kami ini lembaga sosial ingin membangun desa, dan punya tata cara kelola sendiri. Sebagai wadah rumah besar BPD, kami juga memilki tata cara kelola sendiri. 

 

Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) berfungsi sebagai alat komunikasi. Sekaligus merupakan wadah aspirasi dari seluruh BPD menuju tata kelola pemerintahan di masing-masing desa. 

 

“Saya bersama-kawan kemarin ke Senayan di Jakarta, di DPR-RI dan di DPD RI. Disana kami dalam RDP menyampaikan kepada Dewan Perwakilan Daerah (DPD-RI) tentang keberadaan kami ABPEDNAS, begitu juga ke DPR-RI. Kami menyampai keberadaan lembaga kami ini ingin berpartisipasi, ingin membangun, ingin melakukan apa yang direncanakan pemerintah itu tersampaikan,” ucapnya.

 

Selanjut Drs H Abdul Khair, M.M, selaku Sekjen ABPENNAS Sumut, yang juga pernah menduduki Wakil Ketua DPRD Langkat priode 2004-2014, menjabarkan secara singkat, bahwa Kabupaten Langkat ini memiliki potensi sumber alamnya bagi pembangunan di Langkat. 

 

Plt Bupati Langkat H Syah Afandin, S.H, dalam kata sambutannya yang diwakili Kepala Dinas PMD Langkat, Sutrisuanto, S.Sos, mengatakan, selamat atas pelantikan bagi pengurus PAC ABPEDNAS. Bagi PAC ABPEDNAS yang terpilih menjadi tanggung jawab yang besar untuk meneruskan perjalanan organisasi yang baik dan mampu mengemban amanah secara baik dan bertanggung jawab. 

 

Keberadaan ABPEDNAS sebagai mitra kerja pemerintah, semangkin dirasakan ditengah menguatnya perhatian pemerintah, terhadap alokasi bantuan dana desa. Sebagaai wujud tangung jawab pemetintah dalam meningkatkan pembangunan diseluruh desa. 

 

Peranan ABPEDNAS sebagai salah satu sarana untuk berkomunikasi dan berkoordinasi antar pemerintah desa dangan pemerintah ditingkat atasnya . Sehingga berbagai kelemahan dapat segera ditemuikan solusinya. Sementara terhadap keberhasilan dapat menjadi cotoh bagi yang lain.

 

Lebih dari itu, ABPEDNAS merupakan mitra bagi pemerintah, sehingga gagasan, ide untuk percepatan pembangunan daerah melalui desa-desa dapat ter okomodir dengan baik. 

 

Untuk itulah, ijinkan dikesempatan ini, saya menyampaikan selamat dan sukses kepada seluruh pengurus PAC ABPEDNAS yang dilantik pada ini, semoga amanah, sebagai pengurus benar-banar mampu diitunaikan dengan baik, dan penuh rasa tanggung jawab dalam menunjang kinerja di desa. 

 

Seiring dengan pelantikan ini, kami berharap keanggotaan ABPENDAS 

 yang terdri dari Badan Pemerintah Desa (BPD) sebagai wadah dalam menampung aspirasi masyarakat dapat bersinergi, dengan pemerintah desa, dalam membangun dan memajukan desa, demi kejahatan masyarakat nya.

 

Saya yakin kepengurasan ABPEDNAS memiliki tekat yang kuat untuk membawa desanya, kearah desa yang lebih baik lagi. Dengan terus mengali potensi desa, dalam upaya penguatan ekonomi warga, yang pada akhirnya akan memajukan kesejertaan bagi daerah kita ini. 

Hadir digiatan itu, Dewan Penasehat DPD ABPEDNAS Sumut, Kolonel Inf. (Purn.) H. Tengku Milwan, yang juga tokoh militer Indonesia, dan pernah menjabat sebagai Bupati Labuhanbatu 2 periode yakni 2000-2005 dan 2005-2010. Hadir juga beberapa OPD Langkat, Camat, Kepala desa, organisasi PAPDESI, dan ratusan anggota BPD se-Kabupaten Langkat. 

 

Usai kegiatan pengukuhan/pelantikan PAC ABPEDNAS Langkat, pengurus DPC ABPEDNAS selanjut menggelar kegiatan Rakercab (Rapat kerja cabang) hingga sore harinya. Dirakercab tersebut, selain membahas tentang perkembangan Organisasi ABPEDNAS. 

 

Dikarenakan ABPEDNAS sebagai wadah rumah besarnya BPD, di Rakercab tersebut juga membahas tentang Tupoksinya BPD sebagai bagian dari Lembaga Pemerintahan di desa. Secara berkelepok kerja dan diskusi, para BPD yang tergabung di ABPEDNAS inipun membahas tentang apa saja sumber APBDes. Selanjutnya membahas proses Rancangan APBDes, laporan kinerja BPD, keuangan desa, Tatib BPD hingga cara pengisian 15 buku BPD.

 

 

Rangkaian kegiatan ini berkat kerja keras sekretaris panitia Usman S.pd beserta ketua APEDNAS Dan sekretaris APEDNAS kab Langkat dan panitia lain nya (RF)