Pos Yandu Puskesmas Huruna Nias Selatan Gelar Imunisasi Balita dan Ibu Hamil

 

Nias-Selatan//Sindonews86.com – Huruna Nias Selatan, Pelaksanaan kegiatan imunisasi di Desa Olayama yang merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh petugas tenaga kesehatan dari UPTD Puskesmas Kecamatan Huruna Kabupaten Nias Selatan yang dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 4/12/2022 bertempat di Balai Desa Olayama berjalan dengan baik.

 

Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari program kegiatan para petugas tenaga kesehatan yang ada di Puskemas Kecamatan Huruna untuk melakukan monitoring serta mengontrol keadaan masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Huruna. Yang mana sasaran kali ini adalah, balita 0-5 tahun, ibu hamil dan ibu nifas. Adapun petugas yang melakukan kegiatan imunisasi pada hari ini berjumlah 2 orang sesuai sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh Pimpinan dari Puskesmas. Petugas kesehatan yang bertugas adalah SENIMAN LAIA, AMK dan FEBI GULO, A.Md.Keb.

Sebelum melaksanakan kegiatan imunisasi, SENIMAN LAIA, AMK memberikan sedikit arahan dan himbauan kepada kepada para ibu-ibu yang membawa balita, ibu hamil dan ibu nifas tentang pentingnya imunisasi bagi balita, pengecekan kepada ibu hamil dan ibu nifas.

 

Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak terduga ke depan untuk kesehatan balita, ujarnya. Imunisasi ini sangat penting dilaksanakan dan di ikuti oleh ibu-ibu yang punya balita, ibu hamil dan ibu nifas. Kita jangan pernah mengabaikan hal-hal baik seperti ini, karena kesehatan merupakan hal yang paling penting dalam hidup kita, apalagi mencakup kesehatan balita yang masih rentan dengan berbagai jenis penyakit, jadi saya himbau untuk ibu-ibu yang peduli akan kesehatan balitanya untuk mengikuti program-seperti ini supaya kita tidak menyesal dikemudian hari, tuturnya.

 

Selain itu, dia (SENIMAN LAIA, AMK) juga sangat menyangkan masih ada orang tua yang masih belum paham dan mengerti akan arti dari imunisasi ini sebab ada orang tua yang menyalah artikan imunisasi tersebut yang seolah-olah kegiatan imunisasi tersebut hanyalah merupakan formalitas semata dan tak berfaedah untuk kesehatan balita mereka.

 

Tentu hal ini merupakan tanggungjawab bersama untuk menjelaskan manfaat betapa pentingnya imunisasi ini bagi balita kepada para orang tua, supaya tidak menyalah artikan akan arti dari imunisasi ini. Dan juga mengharapkan kepada Pemerintahan Desa atau Aparat Desa untuk ikut serta pada saat melakukan kegiatan imunisasi sesuai jadwal yang telah ditentukan, lanjutnya.

 

Adapun kegiatan yang telah terlaksana pada hari ini adalah, melakukan imunisasi kepada balita 0-5 Tahun berjumlah 31 balita, pemberian vitamin dan melakukan penimbangan kepada balita untuk mengetahui berat badan setiap balita yang hadir pada hari ini. Selain itu, ada 2 orang balita yang di DPT 1, 2 orang balita di DPT 2, polio 1 berjumlah 1 orang, polio 3 berjumlah 3 orang, polio 4 berjumlah 1 dan yang melakukan Campak berjumlah 4 orang.

 

Orang tua yang hadir pada hari ini berterima kasih kepada petugas tenaga kesehatan yang telah berjerilelah melakukan imunisasi pada hari ini dan tentunya sangat berterima kasih juga kepada pemerintah khususnya pemerintah Desa Olayama yang telah memberikan tempat sehingga kegiatan hari ini berjalan sesuai dengan yang diharapkan masyarakat secara khusus masyarakat Desa Olayama yang mempunyai balita, ibu hamil dan ibu nifas.

 

Reporter : Efer Giawa