Rapat Dengar Pendapat Komisi IV DPRD Kota Batam Terkait Implementasi TSP Di Area Batu Ampar

 

Batam,Kepri, Sindonews86.com – Komisi IV DPRD Kota Batam menggelar Rapat Dengar Pendapat Rabu 23 Nopember 2022 pukul 10.00 WIB. Beberapa pihak yang diundang untuk hadir adalah Instansi terkait yakni Tanggungjawab Sosial Perusahaan (TSP) Pimpinan John Kennedy yang diwakili oleh Kordinator Lapangan Heri, perwakilan Disnaker yang dalam hal ini sebagai mitra dari TSP, serta pihak Masyarakat Batuampar dengan perwakilannya Bapak Ramli.

 

 

Capt. Luther Jansen M.Mar. MM Ketua Komisi IV memimpin RDP didampingi dua orang koleganya di komisi IV yakni H. Sumali dan Boby Alexander Anggota DPRD Kota Batam.

 

 

Dalam uraiannya Bapak Ramli secara tegas mempersoalkan tentang Perda yang mengatur dari CSR, sebab menurutnya perda ini tidak diperlukan sebab adanya aturan yang lebih tinggi diatas perda diantaranya UU 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, UU 25 tahun 2007 tentang Penanaman Modal, UU 21 tahun 2014 tentang Panas Bumi, PP 47 tahun 2012 tentang Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas. ” Untuk apa Perda TSP jika pelaksanaannya tidak berdampak langsung kepada masyarakat di Batuampar sebagai contoh, Perda TSP ini menghalangi PT memberikan kontribusi secara langsung kepada masyarakat setempat lingkungan tempat PT beroperasi, sebab CSR dikelola oleh Pemko Batam ” terang Ramli dengan menggebu-gebu dalam ruang rapat RDP Komisi IV di lantai 2.

 

 

Menanggapi hal tersebut, Pemimpin Rapat Capt.Luther Jansen mempersilahkan pihak TSP saudara Heri menggunakan hak bicaranya. Diakui Heri sebagai Kordinator Lapangan TSP dijelaskan ” Bahwa proses diberikannya kontribusi CSR baik itu anggaran ataupun barang yang berjalan selama ini tidak ditujukan kepada TSP, jika dalam bentuk anggaran maka akan ditransfer ke rekening pemerintah kota, dan jika dalam bentuk barang maka TSP hanya diundang sebagai tamu untuk menyaksikan penyerahannya ” jelas Heri kepada Ramli dan forum RDP.

 

 

Dalam kesimpulan di akhir rapat, Komisi IV akan mendalami kegelisahan Masyarakat Batuampar dengan segera mengundang pihak Perusahaan-perusahaan terkait tentu bersama dengan Masyarakat Batuampar untuk agenda RDP lanjutan.

 

(Team)