SDN 03 Gelar Karnaval Perjuangan, Bagian Projek Kegiatan Sekolah Penggerak.

SIAK (Sindonews86.Com) Pihak SDN 03 Kecamatan Tualang menggelar kegiatan karnaval peserta didik berkostum berbagai kalangan profesi masyarakat Indonesia pada Kamis (10/11). Iringan peserta didik di bawah pengawalan ketat guru-gurunya itu melewati rute jalan raya Perawang dan Jalan Ceras dan memutar kembali melalui jalan kampung menuji sekolah.

Kepala SDN 03 Kecamatan Tualang, Syamariah S. MPd menjelaskan bahwa kegiatan karnaval dilakukan juga bersempena  memperingati Hari Pahlawan 2022 yang jatuh pada 10 November.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar meskipun ada sedikit perubahan jadwal pelaksanaan. Karena awalnya kami menganggendakan melaksanakan pada Sabtu depan. Namun untuk mengambil momentnya akhirnya disepakati untuk dilaksanakan hari Kamis 10 November 2022,” ujar Syamariah diawal ceritanya.

Dia juga menjelaskan bahwa peserta karnaval adalah peserta didik yang setuju menggunakan busana atau pakaian berbagai kalangan masyarakat seperti seorang guru, polisi, busana adat, petani, dan lain-lainnya. Bagi peserta didik yang berbusana pramuka maka kondisikan kegiatan mereka di lingkungan halaman sekolah.

“Kegiatan ini kita lakukan selain untuk mengisi kegiatan memperingati Hari Pahlawan, juga sebagai bagian projek kegiatan sekolah penggerak. Karena SDN 03 sudah berada di tahun ke dua sebagai Sekolah Penggerak,” sebutnya.

Masih Syamariah, diantara yang ingin dicapai dari berbagai kegiatan di koment Hari Pahlawan ini adalah memberikan pengajaran kepada anak-anak didik bahwa para pahlawan yang menjadi penggerak dan pelaku perjuangan untuk kemerdekaan RI itu semua
komponen masyarakat.

“Makanya dikondisikan peserta karnaval adalah anak-anak didik yang menggunakan seragam berbagai profesi masyarakat. Untuk menegaskan bahwa pahlawan itu dari semua kalangan masyarakat. Maka apapun skill dan kelebihan  yang ada pada diri seseorang maka dia bisa menjadi pahlawan terutama pahlawan keluarganya. Semangat pembelajaran seperti ini juga ada di Kurikulum Merdeka,” sebutnya mengakhiri. (Ujang.k)