SMP Negeri 1 Onohazumba Laksanakan Upacara Peringatan HGN Ke-77 Dengan Penuh Semangat

 

 

Onohazumba-Nias-Selatan//Sindonews8y.com –  Jumat 25/11/2022 merupakan Hari Guru Nasional (HGN) yang di selenggarakan di seluruh wilayah Indonesia khususnya di Instansi Pendidikan mulai dari tingkat SD, SMP maupun SMA/SMK yang ada di seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Peringatan Hari Guru ini mengangkat tema “SERENTAK BERINOVASI, WUJUDKAN MERDEKA BELAJAR”

 

Hari Guru Nasional merupakan sejarah bagi Pendidikan di Negeri Indonesia ini dimana Guru merupakan salah satu Pahlawan yang di kenal dengan sebutan “Guru Tanpa Tanda Jasa”. Guru adalah mengabdi tanpa mengenal Waktu dan tanpa mengenal lelah dengan satu tujuan utama adalah ‘Mencerdaskan dan Melahirkan’ generasi Masa depan Bangsa dan Negara. Guru memulai terciptanya generasi Bangsa dan Negara dimulai sejak dini.

Untuk memperingati Hari Guru Nasional ini, salah satu sekolah yang berada di wilayah Desa Hiliweto Kecamatan Onohazumba Kabupaten Nias Selatan yaitu SMP Negeri 1 Onohazumba ikut serta dalam Merayakan Hari Guru Nasional ini dengan melakukan berbagai kegiatan yang melibatkan Guru dan Siswa-Siswi yang ada di Sekolah tersebut.

Dalam suasana yang sedikit tidak memungkinkan dengan kondisi hujan yang tidak menentu, para Guru dan seluruh peserta didik tetap melaksanakan Kegiatan Upacara Memperingati Hari Guru Nasional dengan penuh semangat. GEMARDIN GULO, S.Pd selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Onohazumba bertindak langsung sebagai Inspektur Upacara, ORNEMAN LAIA, S.Pd bertindak sebagai Komandan Upacara, AGUSNIDAR HALAWA, S.Pd bertindak sebagai Pembawa Acara, Pembacaan Undang-Undang Dasar oleh REFENDI NDRURU, SE, pembacaan Ikrar Guru Indonesia oleh Wakil Kepala Sekolah SERIMA HAREFE, S.Pd serta yang menjadi petugas pengibar Bendera Merah Putih merupakan Siswa Siswi terbaik dari SMP Negeri 1 Onohazumba JOHAN SEBASTIAN WARUWU (IX-A), CITRA BERLIAN WARUWU (IX-C) dan PARISMAN WARUWU (IX-B).

 

Disela-sela kegiatan Upacara sedang berlangsung, Guru-Guru yang hadir bersama-sama melakukan kegiatan pemotongan Kue dan pemberian Cendramata oleh Siswa-siswa SMP Negeri satu Onohazumba. Selain kegiatan Upacara, Siswa-Siswi juga mempersembahkan Budaya Sanggar, seni bela diri (silat) dan Maena yang dipersembahkan di hadapan para Guru mereka.

 

Kepala Sekolah GEMARDIN GULO, S.Pd dalam arahannya menyampaikan pesan kepada seluruh Guru yang ada di SMP Negeri 1 Onohazumba untuk tetap memiliki semangat yang tinggi dalam menjalankan tugas sebagai seorang Pendidik dengan tujuan mendidik, mengajar dan mencerdaskan setiap peserta didik yang ada di Sekolah kita. Peserta didik (Siswa/Siswi) kami juga harus punya semangat belajar yang tinggi, belajar dengan sungguh-sungguh sehingga kelak akan tiba waktunya jadi seorang Pemimpin yang handal dan bahkan bisa melebihi kemampuan kami sebagai Guru kalian saat, tuturnya.

 

Hal yang terpenting dalam kegiatan Upacara ini adalah, Guru-Guru mengikrarkan sebuah Janji dalam sebuah Ikrar sebagai berikut1

). Kami Guru PGRI, adalah insan pendidik bangsa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2). Kami Guru PGRI, adalah pengemban dan pelaksana cita-cita proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, pembela dan pengamal Pancasila yang setia pada UUD 1945.

3). Kami Guru PGRI, bertekat bulat mewujudkan Tujuan Nasional dalam mencerdaskan kehidupan Bangsa.

4). Kami Guru PGRI, bersatu dalam wadah organisasi perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia, membina persatuan dan kesatuan bangsa yang berwatak. kekeluargaan.

5). Kami Guru PGRI, menjunjung tinggi kode etik guru Indonesia sebagai pedoman tingkah laku profesi dalam pengabdian terhadap bangsa, negara, serta kemanusiaan.

 

(Efer Giawa)