Tetap siaga Forkopincam lingga Bayu dalam penanganan longsor di keluraha Simpang Gambir

Mandailing Natal//Sindonews86.com
Dengan tinggi nya curah hujan dari pagi hari pada Senin pagi (05/12/2022) mengakibatkan  daerah longsor yang berada di kelurahan Simpang Gambir turun lagi ke badan jalan lintas walaupun kondisi nya tidak seperti kejadian pada Minggu sore (04/12/2022).

Dalam penanganan longsor yang ada di dekat Kantor Polsek Lingga Bayu pada Senin sore nampak di lapangan dari pantauan awak media ini Kapolsek Lingga Bayu AKP. H. Marlon Raja Gukguk, Kaposlantas Lingga Bayu Aiptu Paijo, Briptu Hamsah Lubis dan Amrin Lubis mewakili Camat Lingga Bayu Saipuddin S.sos dan Sekcam Lingga Bayu H. Zulkifli Lubis lagi berada di Panyabungan  Ibu kota Kabupaten Mandailing Natal.

Dari aksi cepat tanggap dan selalu stanbay yang dilakukan pihak Personil Polsek dan pegawai Kecamatan dalam mengatasi longsor, nampak dilapangan menggunakan 1 (satu) unit Loder untuk membersih kan tanah longsor yang mengancam akan menutupi badan jalan lintas Simpang Gambir – Panyabungan yang akan mengganggu perjalanan bagi masyarakat yang akan melintasi daerah itu saat  menjalan kan aktifitas nya.

Untuk menghindari hal tersebut pihak polsek Lingga Bayu dan pegawai Kecamatan melaksanakan pembersihan tanah longsoran tersebut yang akan mengakibatkan terjadinya kemacetan seperti disampaikan Polsek Lingga Bayu AKP. H.Marlon Raja Gukguk yang dapat dikonfirmasi awak media mengatakan,”dengan ada nya kejadian longsor ini dari kemaren kita dari pihak Forkopincam di kecamatan Lingga Bayu dan juga Babinsa yang ada tetap selalu siaga dan cepat tanggap apa lagi dengan kondisi hujan seperti saat ini yang hampir boleh di katakan siang malam hujan terus mengguyur, maka dari itu kita tetap siaga di titik lokasi dan kita juga tetap berupaya bagai mana cara nya mengatasi hal ini agar masyarakat bisa merasa aman saat melintas disini  jangan sampai ada masyarakat yang berlalu lalang melintas di daerah jalinsum ini arah Simpang Gambir – Panyabungan ini begitu juga sebalik nya terhalang perjalanan nya berjam – jam disini makanya kami selalu berupaya mengatasi longsor tersebut apa lagi curah hujan nya hari ini dari pagi sampai sore ini terus turun takut nya begitu ada masyarakat yang melintas disini tau –  tau  ada tanah longsor yang bercampur batu cadas menimpa masyarat dan menjadi korban kan sangat kasihan,” ujar nya.

Lanjut Kapolsek ,” maka nya kita tetap berupaya melakukan pembersihan tanah bekas longsoran ini yang sewaktu – waktu bisa saja menutupi badan jalan ini kembali, apa lagi hujan nya terus turun dan kita lakukan pembersihan ini dengan memakai Loder dari Claser PT. Akiyat yang ada di daerah kita ini dan dalam pengerjaan nya kita tetap melakukan buka tutup bagi pengendara yang melintas di sini baik roda 4 atau pun kenderaan roda 2 selama kita melakukan pembersihan runtuhan tanah longsor tersebut,” tambah Kapolsek Marlon.

Disisi lain Seksen FJA ( Forum Jurnalis Aktifis ) Pantai Barat tetap selalu menghimbau seluruh masyarakat yang melintas di areal longsor tersebut baik pengendara roda 4 begitu juga roda 2 agar tetap selalu berhati – hati melintas di daerah longsor di maksut karena kondisi jalan sangat licin dan berlumpur.

(H.Nasution)