Warga Laporkan BPRPI Ke Polres KP3 Belawan Soal Pengerukan Parit Di Area Dusun IV Selemak Kec, Hamparan Perak Kab,Deli Serdang.

Foto : Rohmat (Kades) kiri,Lili Suheri (Kadus) Kanan saat memberikan keterangan kepada media Sindonews86/Ist/Royhan Yaser.

Andan sari,Deli Serdang (Sumut)

Sindonews86.com Warga dan Kepala Dusun membuat laporan ke Polres Pelabuhan Belwan pada Jumat 21 Januari 2022 sekitar pukul 11 siang.

Alat berat milik BPRPI saat mengeruk parit di area pemukiman warga pada Kamis 20 Januari 2022/Ist.

Jalan adalah sarana infrastruktur yang di bangun dan di peruntukan untuk kepentingan warga,jalan juga akses transportasi yang sehari hari digunakan untuk kepentingan bersama yang menguntungkan akses jalan tersebut.

Sarjana ,SH.Tim advokasi legal hukum warga saat di Mapolres Kp3 Belawan/Ist/doc.

Dusun IV hasil pemekaran sekitar setahun lebih terletak di kecamatan hamparan perak kabupaten Deli Serdang yang memiliki lima ratusan warga yang telah bermukim di tempat tersebut menjadi warga desa hasil pemekaran dan menjadi percontohan perkampungan Desa Wisatawa hasil geliat usaha warga desa membangun ekonomi Masyarakat setempat.

Hal ini menjadi sumber kehidupan warga yang berdekatan dan berbatasan dengan tapal batas ex HGU PTPN II dulunya dengan adanya Dusun tersebut.

Adanya sebahagian lahan yang pernah di sengketa kan BPPRI dengan Ex HGU PTPN II mengklim jalan dan pemukiman warga sekitar di kuasai sebahagian kelompok yang merasa memeliki areal tersebut.

Dan kini Jalan tersebut telah ditutup beberapa bulan lalu dengan cara di palang sehingga Wisatawan lokal yang hadir dan berkunjung di area ini harus memutar jahu dari jalan yang semestinya.

Kini masyarakat saat ini merasa serbah salah di karenakan saat ini area pemukiman warga di keruk dan di buat parit dengan menurunkan alat berat di buat parit dengan alat berat

“Yang menjadi catetan tersendiri dengan kondisi ini,adanya hal tersebut apakah legalitas BPRP sudah absah kepemilikan yang mengklim lahan tersebut???

“Apakah?!!.. ini bisa di proses secara hukum yang berlaku di Indonesia!!

Menggingat warga yang mendiami Dusun tersebut telah di setujui dengan Pemkab Deli Serdang yang mendapatkan legitimasi Undang -undang Otonomi Daerah secara Absah Dari Pemkab Deli Serdang.

Lili Suheri,selaku Kepala Dusun,Bersama warga mendatangi Mapolres Kp3 Belawan untuk melaporkan prihal pembuatan parit yang di kerjakan BPRPI didampingi kuasa hukum warga setempat untuk melaporkan kejadian ini.”Ucapnya.

Lebih lanjut dalam keterangan nya di Mapolres pada Jumat 21 Januari 2022 langkah laporan ke pihak kepolisian di Polres Belawan akan di lakukan olah TKP sebagai bukti penguat pembuatan laporan yang ada,”Ucapnya.

Sementara itu,Sarjana,SH.,Selaku kuasa hukum warga akan mengawal dan menggikuti prosidure yang berlaku baik itu proses TKP maupun pembuatan pengaduan masyarakat nantinya

Saat proses warga berada di Mapolres Belawan saat mau membuat laporan telah di terima tim unit polres dan langsung bergegas memastikan bahwa proyek realitasi drainase atau jalan tidak berada di wilayah Dusun IV,melainkan ada yang masih di kerjakan di Dusun lainnya.”Kata Sarjanah, SH.

Dikatakan Sarjana, SH., Pemkab Segera memanggil pihak BPRPI untuk menjelaskan dan bahkan pertanyakan atas dasar apa?! Pihak BPRPI itu melakukan pekerjaan yang dilakukan di area pemukiman warga, diluar prosedur dari pemkab Deli Serdang,” tutur Sarjana,SH., selaku kuasa/ Advokat warga Dusun IV Desa Selemak Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang.

Sarjana,SH.,mengatakan melalui Persetujuan klain nya akan melaporkan kejadian ini ke DPRD Tingkat I ( Wagirin Arman) Selaku Ketua DPRD Deli serdang atas kejadian kasus yang dihadapi oleh warga Dusun IV,” Cetusnya.

Dimana saat ini bukan saja yang di Portal itu akses Jalan Dusun IV,Desa Selemak melainkan pihakBPPRI juga memportal  jalan yang menuju ke kantor Desa selemak Perbuatan mereka sudah jelas ini melawan hukum,”tutur Sarjana,SH.

Saat Kedatangan Team Oolres Kp3 dan Pihak Perkim  Deli Serdang pada Jumat 21 Januari 2022 sore yang turun ke Dusun IV, itu bukanlah Pekerjaan perkim dan diluar Prosidur dari Anggaran yang ada,”Imbuhnya.**(Roy/Tim)