WBP Lapas Tahuna Meriahkan Perayaan Sumpah Pemuda Di Sangihe

Tahuna, Sulut// Sindonews86.Com – Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) asimilasi Lapas Kelas IIB Tahuna Kanwil Kemenkumham Sulut, turut memeriahkan kegiatan perayaan Sumpah Pemuda yang digelar oleh Kejaksaan Negeri Kepualauan Sangihe di Boulevard Apengsembeka, Tahuna, Sabtu (31/10/2022).

Kegiatan dibuka oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Sangihe, Eri Yudianto, SH.MH, dalam sambutannya, beliau menyemangati para generasi muda yang hadir dengan mengutip kata-kata dari Bung Karno, “Beri saya sepuluh pemuda, maka akan ku goncang dunia,” ujar Kajari Sangihe.

Pada perayaan Sumpah Pemuda ini, WBP Lapas Tahuna menampilkan musik orkes keroncong dengan membawakan lagu-lagu daerah khas Sangihe.

Kalapas Tahuna, Suharno, SH.MH, mengungkapkan, “perayaan Sumpah Pemuda di Sangihe yang juga turut serta dalam mengisi acara, yakni warga binaan Lapas Tahuna dalam rangka menumbuhkan rasa kebersamaan dan cinta tanah air dan menunjukkan kepada masyarakat Sangihe, bahwa mereka tidak hanya sekedar menjalani masa pidana tetapi kami juga melakukan pembinaan kepribadian dan keterampilan terhadap mereka, dan semuanya berkat kerja sama Lapas Tahuna dengan stakeholder yang ada, sehingga ketika bebas dari Lapas nanti mereka dapat dengan mudah berbaur dengan masyarakat dan juga dibekali ilmu-ilmu yang dapat berguna baik bagi diri sendiri maupun sesama” ungkap Kalapas Suharno

Perayaan sumpah pemuda ini juga menjadi semakin meriah saat WBP Lapas Tahuna menampilkan tarian empat wayer dengan iringan musik keroncong. Seluruh warga masyarakat yang hadir ikut bergabung dalam barisan empat wayer, sehingga acara menjadi sangat ramai.

Bahkan Kejari Sangihe bersama dengan tamu undangan pun ikut menari bersama.Turut hadir dalam acara ini seluruh siswa-siswi SMA dan SMK yang ada di Kepulauan Sangihe dan juga turut dilakukan penggalangan dana bagi para korban bencana badai yang terjadi di Sangihe beberapa hari terakhir.

Kegiatan ini berlangsung dengan baik dan aman, para WBP Asimilasi selalu dalam pengawasan melekat dari petugas pengawalan yang dipimpin langsung oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Tahuna, Hendro Martoyo, S.Pd.

Jurnalis,
(Ariel Pulumbara)